IPA SMA tentang Struktur Tumbuhan

Kunci Jawaban
A. Pilihan ganda
1. c
3. d
5. e
7. c
9. a
11. b
13. d
15. b
17. e
19. b
B. Esai
1. Macam jaringan tumbuhan
• Kolenkim : penunjang tumbuhan muda
• Sklerenkim : penyokong tumbuhan tua
• Parenkim : jaringan pengisi, masih bersifat meristematik, tempat makanan cadangan
• Epidermis : jaringan pelindung terluar tumbuhan
• Xilem : mengangkat air dan mineral tanah untuk fotosintesis
• Floem : mengangkut hasil fotosintesis ke seluruh jaringan
3. Pada jaringan xilem terdapat sel trakea, trakeid, serabut xilem, dan parenkim. Sel-sel trakea berbentuk seperti tabung memanjang dan pada bagian ujungnya terdapat lubang perforasi. Sel trakeid lebih pendek dan bagian ujungnya meruncing memiliki lubang yang disebut noktah. Serabut xilem mengandung lignin dan selnya panjang meruncing. Sel parenkim berisi makanan cadangan, tanin, getah, dan kristal. Pada jaringan floem terdapat sel buluh tapis, sel pengiring, serabut floem, dan parenkim. Sel buluh tapis adalah sel-sel berbentuk tabung yang membetuk saluran. Sel pengiring merupakan sel hidup berbentuk silinder. Serabut floem untuk menopang floem, sedangkan parenkim berisi makanan cadangan atau bahan-bahan ekskresi.
5. Syarat bagi kultur jaringan adalah kondisi aseptik. Mulai dari eksplan, medium, hingga tempat penanaman harus bebas kuman. Hal ini untuk mencegah kontaminasi bakteri atau jamur yang dapat merusak kultur.
Selamat Datang Di Official Jasa Pembuatan Adsense Murah Bergaransi, Silahkan daftar kirim SMS Ke nomor yang Tertulis di Blog