Kunci jawaban
A. Pilihan ganda
1. d
3. e
5. d
7. a
9. c
11. e
13. d
15. b
17. d
19. b
21. d
23. b
25. e

3. Lubang hidung→faring→laring→trakea→bronkus→ bronkiolus→alveolus.
5. Air dan molekul-molekul yang tidak larut dalam darah memasuki lempengan filtrasi pada kapsul Bowman. Hasil filtrasi ini disebut urine primer. Kemudian, urine primer yang dihasilkan oleh kapsul Bowman memasuki tubulus kontortus proksimal dan lengkung Henle, serta tubulus kontortus distal. Urine yang dihasilkan dari tubulus kontortus distal disebut urine sekunder. Urine sekunder tersebut akan mengalami augmentasi pada tubulus pengumpul, kemudian masuk ke pelvis renalis dan mengalir menuju ureter.
7. Kelenjar menghasilkan hormon tiroksin dan kalsitonin. Tiroksin berfungsi mengatur kecepatan metabolisme tubuh untuk menghasilkan energi. Adapun kalsitonin berfungsi mengatur keseimbangan kadar kalsium di dalam darah sehingga mencegah kalsium keluar dari tulang. Apabila tubuh kelebihan hormon tiroid, muncul penyakit hipertiroid.
9. Spermatogonia mengalami pembelahan mitosis menghasilkan spermatosit primer. Spermatosit primer ini mengalami pembelahan meiosis menjadi spermatosit sekunder. Kemudian, spermatosit sekunder akan mengalami pembelahan meiosis menjadi spermatid.
Selamat Datang Di Official Jasa Pembuatan Adsense Murah Bergaransi, Silahkan daftar kirim SMS Ke nomor yang Tertulis di Blog